• Sitemap
  • Tentang Kami
  • Karir
  • Tim Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer
Info sultra .ID
  • sultraku
  • daerah
  • politik
  • info terkini
  • kriminal
  • tokoh
  • wisatapedia
  • wakatobi
  • pendidikan
  • hotel & resto
No Result
View All Result
  • sultraku
  • daerah
  • politik
  • info terkini
  • kriminal
  • tokoh
  • wisatapedia
  • wakatobi
  • pendidikan
  • hotel & resto
No Result
View All Result
Info sultra .ID
No Result
View All Result
Home Tech

Upaya Go Food ‘Growth Partner Perkuat Keamanan Digital Sektor UMKM

lala by lala
2 September 2020
in Tech
0
infosultra

Kendari, Infosultra.id-GoFood ‘growth partner’ konsisten
mendorong proteksi keamanan digital, salah satunya melalui edukasi kepada mitra usaha tentang pentingnya menjaga keamanan transaksi secara digital. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Gojek untuk mengimbangi semakin tingginya jumlah UMKM yang go-digital, khususnya di masa pandemi saat ini.

Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung mengatakan, saat ini lebih dari 120.000 UMKM telah mendorong pivot (pengembangan) bisnis dari konvensional menuju digital dengan memutuskan bergabung di progra #MelajuBersamaGojek, sehingga memperoleh akses terhadap solusi komprehensif (hulu ke hilir) dan inklusif bagi jutaan UMKM yang tersebar di berbagai penjuru nusantara.

“Pentingnya menjaga kerahasiaan data usaha dan data pribadi menjadi topik yang terus didorong secara reguler oleh GoFood kepada mitra UMKM kuliner melalui berbagai kanal; aplikasi GoBiz, situs resmi www.gobiz.co.id, media sosial, dan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Kompetensi keamanan digital yang baik menjadi kunci utama dalam melindungi diri saat dihadapkan dengan upaya
penipuan dengan teknik rekayasa sosial atau yang sering kita kenal sebagai manipulasi psikologis yang tengah menjadi tren modus penipuan digital,” kata Novi Tandjung.

Menurut kajian bertajuk “Peningkatan Kompetensi Keamanan Digital di Indonesia: Analisis Fenomena Penipuan dengan Teknik Rekayasa Sosial” yang dipublikasikan oleh Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada, penipuan dengan teknik rekayasa sosial adalah jenis penipuan dengan metode memanipulasi psikologis pengguna platform teknologi dan bukan sebuah peretasan
sistem. Penipuan dengan teknik rekayasa sosial bisa terjadi karena penipu memanfaatkan ketidaktahuan dan kelemahan pengguna platform digital akibat minimnya kompetensi keamanan digital pengguna platform.

“Penipu menyerang kelemahan psikologis pengguna sehingga membuat calon korban mengabaikan nalar dan logika, misal kita dibuat senang dengan iming-iming hadiah. Contoh kelemahan psikis itu terjadi ketika pengguna teknologi dikondisikan untuk merasa ketakutan maupun kegirangan. Sehingga diperlukan kesadaran dan radar kehati-hatian untuk lebih sensitif
terhadap modus manipulasi psikologis ini,” ujar
Adityo Hidayat, Research Center for Digital Soiety (CfDS).

Menurut Adityo, penyalahgunaan Kode OTP (One Time Password) dan Nomor Kartu ATM merupakan jalan masuk peretasan akun pengguna. Kode OTP merupakan salah satu fitur pengaman data yang hanya dapat digunakan
satu kali sebagai autentikasi ketika kita hendak masuk ke dalam akun platform digital.

“Kode OTP dan nomor kartu ATM hanya untuk diproses oleh sistem atau mesin. Sehingga, apabila ada orang yang menanyakan kode OTP maupun nomor kartu ATM kita patut berhati-hati,” jelas Adityo.

Penelitian yang dilakukan oleh CfDS dari Tahun 2013 hingga akhir Tahun 2019 membeberkan akibat yang terjadi ketika seseorang memberikan kode OTP dan nomor kartu ATM ini kepada oknum penipu. Oknum penipu kemungkinan akan lebih leluasa mengambil alih akun pribadi hingga menyalahgunakan akses ke sistem perbankan mitra usaha yang menyebabkan kerugian finansial.

Adityo menambahkan, salah satu indikasi upaya manipulasi psikologis adalah saat ada seseorang berpura-pura menjadi kenalan calon korban atau mengaku sebagai perwakilan dari perusahaan. Setelah itu, umumnya penipu akan memberikan perintah kepada calon korban seperti meminta informasi data pribadi, data usaha, atau meminta transfer sejumlah uang.

Modus yang cukup sering dilancarkan penipu adalah dengan menciptakan situasi yang mendesak sehingga memaksa calon korban untuk membuat keputusan sesegera mungkin.

Adityo mengimbau agar mitra usaha tak mudah panik dan bersikap tenang agar dapat mencerna informasi dengan jernih sehingga terhindar dari upaya manipulasi psikologis yang dilakukan penipu.

“Modus Penipuan dengan Iming-iming hadiah dan bantuan jasa  merupakan bagian dari metode penipuan berbasis manipulasi psikologis. Skenario manipulasi psikologis dan pemberian hadiah disusun sedemikian rupa, setelah penipu mempelajari latar belakang dan kebutuhan calon korban. Menyikapi hal ini, mitra UMKM kuliner perlu waspada apabila ada tawaran bantuan pendaftaran menjadi
mitra GoFood atau pencairan dana usaha yang prosesnya akan dilakukan secara manual,” ujarnya.

Novi Tandjung menegaskan, pihak Gojek dan GoFood tidak pernah meminta data tambahan di luar kanal resmi atau biaya khusus untuk proses reguler ini. Selain itu, melalui aplikasi super app mitra usaha Gojek, GoBiz, mitra usaha dapat mendaftar
secara mandiri di mana status registrasi dan aktivasi dapat dipantau langsung melalui aplikasi.

“Untuk semakin melengkapi kemudahan para pelaku UMKM meningkatkan kompetensi keamanan digital, aplikasi GoBiz super app untuk para mitra usaha, telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, diantaranya verifikasi PIN
validasi terhadap driver yang mengambil pesanan, fitur pengaturan peran pengguna untuk akses pemilik, manajer, dan kasir, dan fitur konfirmasi sebagai pemilik untuk verifikasi kepemilikan data sebagai pemilik outlet, sehingga informasi data sensitif dan akses fitur premium hanya dapat diakses oleh
pemilik outlet,” katanya.

“Seluruh upaya inovasi teknologi Gojek dan edukasi kompetensi keamanan digital yang konsisten bagi mitra usaha ini diharapkan dapat mendukung mitra dalam melindungi keamanan data pribadi dan data usaha. Semua ini dilakukan agar para mitra usaha dapat menjalankan bisnis dengan aman, dan mampu
terus bertumbuh serta #MelajuBersamaGojek”, tutup Novi.

 

Penulis: Himeka Gayatri

Bagikan ini:

  • Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)
  • Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)
Tags: CfDSdigitalisasiGoFoodGojekGrowth Partnerumkm
Previous Post

Baru Dilantik, Irjen Yan Didesak PB HMI Tuntaskan Sederet Kasus Ilegal Mining di Sultra

Next Post

Rusmin-Senawan Teken Formulir B2 KWK Tiga Parpol Pengusung

Next Post

Rusmin-Senawan Teken Formulir B2 KWK Tiga Parpol Pengusung

Discussion about this post

POPULAR NEWS

Mahasiswa Farmasi UHO Kembangkan Skincare Antioksidan Dari Daun Kecombrang

29 Juni 2019
Dua Warga wakatobi yang ODP negatif covid-19

Dua Warga wakatobi yang ODP negatif covid-19

23 Maret 2020
Muliadin selaku jubir satgas covid-19 kabupaten Wakatobi

Reaktif Rapid test, 13 warga Wakatobi di isolasi

3 Mei 2020

Profile sulkarnain kadir

31 Maret 2018

Kasus yang Menyeret Nama Bank Panin Kendari Bergulir, Nasabah Ajukan PK ke MA

30 September 2018

EDITOR'S PICK

PT LTT Peroleh Penghargaan Responden Terbaik 2018 Dari Bank Indonesia

15 Agustus 2018

Ini Tindakan Tegas Propam Polda Sultra Soal Dugaan Oknum Polisi yang Terlibat Penambangan Ilegal

1 November 2018
Perwakilan manajemen PT Masempo Dalle saat menyerahkan bantuan sembako kepada warga di 3 Desa di Kabupaten Konawe Utara, Selasa (7/4/2020). Foto: Istimewa.

PT Masempo Dalle Salurkan Bantuan ke Sejumlah Desa Terdampak Corona di Konut

7 April 2020

Novar Aditya Praja Delegasikan 250 Saksi Internal di 181 TPS Poasia-Abeli

12 April 2019
Facebook Twitter

Tentang Infosultra

We bring you the best Premium WordPress Themes that perfect for news, magazine, personal blog, etc. Check our landing page for details.

Kategori

  • daerah
  • hotel & resto
  • info terkini
  • kesehatan
  • kriminal
  • opini
  • parlementaria
  • pendidikan
  • politik
  • sultraku
  • Tech
  • tokoh
  • Travel
  • wakatobi
  • wisatapedia
  • World

Recent Posts

  • FJIK Sultra Galang Donasi Untuk Korban Bencana Sulbar
  • Pangdam XIV Hasanuddin Resmikan Fitness Center Korem 143/HO
  • Wings Air Kembali Buka Layanan Penerbangan Berjadwal Dari Palu
  • Komitmen KSP Sahabat Mitra Sejati Dalam Penyaluran Kredit dan Pendampingan UMKM di Indonesia

© 2019 Info Sultra.ID - PT. Info Media Siber | Develop by Green Tech Stduio.

No Result
View All Result
  • Sitemap
  • Tentang Kami
  • Karir
  • Tim Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Kebijakan Privasi
  • Disclaimer

© 2019 Info Sultra.ID - PT. Info Media Siber | Develop by Green Tech Stduio.